Saturday 1 June 2013

Pandan Butter Cake

Udah lama pingin coba resep pandan butter cake yang ada di blog eatingpleasure, gambarnya mengiurkan, tapi karena aku kurang merasa tertantang (maksudnya butter cake nga ribet, nga seperti sponge cake yang bagiku sedikit sulit ditaklukkan, kecuali kalo pake pengemulsi baik dari kuning telur maupun dari pengemulsi buatan).

Nah akhirnya jadi juga bikin pandan butter cake ini karena ingin ku jadikan buah tangan untuk seorang teman yang juga jadi teman seperjuangan sewaktu di Bandung dulu. Nga nyangka aku terdampar di Padang dan ketemu lagi dengan teman yang hampir 3 tahun nga ketemu, ni Nel begitu aku biasa memangilnya. Kata ni nel anaknya doyan cake, karena janjian ketemu jam 4 sore makanya bikin yang simple dan jadilah Pandan butter cake.



Api komporku agak kegedean tapi aku cuek aja kan "agak" pikirku, maka saat di dalam oven cake ngembang indah, setelah keluar oven beberapa saat menciut, pelajarannya untukku: jangan bermain-main dengan suhu oven ketika baking, karena temperatur merupakan critical point dan itu bergantung pada ketebalan cake dan tipe cake. Kalo over baking cake akan mentah di dalam meski di luarnya udah kering sehingga distribusi panas ke dalam cake sulit dan jika under baking jadinya cake akan lama matang, cake jadi kering dan seret.  

Bicara soal hasilnya, cake ini masih terlalu padat, tapi tetap enak karena aku pakai butter. Selalu saja tanganku gatel untuk ngubah-ngubah resep, jadi saranku kalo ada yang mau coba, ikuti aja resep yang asli, terlihat lebih ringan dan nga begitu padat. Oh, iya teknik pembuatannya juga sedikit aku modif (hehe tetep aja iseng). Ini resepnya:

Bahan:
250 gr butter
200 gr gula (aku:150 gr untuk dikocok dengan putih telur dan sisanya dikocok dengan kuning telur)
6 butir telur
300 gr terigu protein rendah
200 mg santan  (aku: 160 ml santan, dan 50 ml juice pandan)
¼ sdt garam
Aku: 1 sdt mayones
Aku: 1 sdm juice jeruk nipis

Cara membuat versi aku:
Olesi dua loyang oval 18x10x6 cm dengan margarine dan alasi kertas roti, sisihkan. Pisahkan kuning dan putih telur. Campur dalam satu gelas santan, pandan, dan garam, aduk hingga garam larut. Panaskan oven pada temperature 160*C atau api kecil. Kocok putih telur, 150 gr gula pasir, dan jeruk nipis hingga soft peak, sisihkan. Kocok sisa gula dan seluruh kuning telur hingga gula larut. Di wadah lain kocok butter hingga setengah mengembang, lalu masukkan kocokkan kuning telur secara bertahap, kocok hingga adoanan ini mengembang. Kemudian masukkan terigu dan campuran santan secara bergantian ke dalam adonan kuning telur ini, lalu masukkan adonan putih telur ke adonan ini dalam 3 tahap dengan cara aduk balik, pastikan seluruh adonan putih telur tercampur, agar tidak ada rongga kosong saat cake matang. Masukkan adonan dalam dua loyang yang telah dialasi kertas minyak, panggang hingga matang.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...